HOT NEWS

Angkatan Laut AS Ucapkan Selamat Tinggal kepada F/A-18C Hornet

Minggu, 06 Oktober 2019 10:36
Penulis : Beny Adrian
Angkatan Laut AS Ucapkan Selamat Tinggal kepada F/A-18C Hornet

Angkatan Laut AS pensiunkan F/A-18C Hornet. Sumber: US Navy/ Petty Officer 3rd Class Nikita Custer

Angkasa.news - Selama beberapa dekade sejak F-14 Tomcat pensiun, F/A-18C Hornet menjadi pesawat tempur utama Angkatan Laut AS.

Berbagai misi telah dijalani Hornet bersama wing udara armada.

Namun pada 2 Oktober, Angkatan Laut AS harus mengakhiri pengabdian F/A-18C Hornet dengan pesawat terakhir yang ditugaskan di Strike Fighter Squadron (VFA) 106 melakukan penerbangan resmi terakhir di Naval Air Station.

“Hari ini menandai penerbangan terakhir Hornet Operasional Angkatan Laut Amerika Serikat,” ujar Komodor, Command Strike Fighter Wing Atlantic, Kapten Brian Becker.

Pesawat lepas landas dari NAS Oceana bersama tiga F/A-18F Super Hornet untuk melakukan penerbangan satu setengah jam dan kembali ke Oceana. Setelah kembali, pesawat secara resmi dihapus dari inventori.

Hornet telah mengabdi bersama Gladiator selama 31 tahun. Pesawat nomor 300 yang ditugaskan ke VFA 106 di Cecil Field Florida ini, diterima Angkatan Laut AS pada 14 Oktober 1988.

Becker mengatakan bahwa F/A-18C telah bertugas secara mengagumkan selama lebih 30 tahun. “Inovasi teknologinya dilanjutkan pada F/A-18 E/F/G dan membantu Angkatan Laut melakukan transisi dari pesawat generasi 4 ke generasi 5,” kata Becker.

Tahun lalu, VFA-106 telah memindahkan lebih dari 50 Hornet ke berbagai komponen cadangan Angkatan Laut dan Marinir AS serta ditempatkan di kolom penyimpanan untuk penggunaan sewaktu-waktu di masa depan.

Kedua varian F/A-18A dan F/A-18C Hornet telah digantikan F/A-18E/F Super Hornet.

Skadron Angkatan Laut AS terakhir yang menerbangkan F/A-18C adalah Blue Blasters VFA-34.  Skadron ini menghentikan operasional Hornet di Naval Air Station Oceana di Pantai Virginia pada 1 Februari 2019.



Komentar