HOT NEWS

Airbus Kirim A330 MRTT Pertama Pesanan NATO dari Total 8 Pesawat

Selasa, 30 Juni 2020 15:36
Penulis : Beny Adrian
Airbus Kirim A330 MRTT Pertama Pesanan NATO dari Total 8 Pesawat

Pesawat Airbus A330 MRTT. Sumber: Airbus

Angkasa.news - Airbus secara resmi mengirimkan pesawat pertama dari delapan Airbus A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) yang dipesan NATO Multinational MRTT Fleet (MMF). 


Penyerahan pesawat dilakukan dalam sebuah upacara di Airbus Getafe di Spanyol.

Penerimaan resmi pesawat pertama ini menandai tonggak yang menentukan menuju masuknya unit multinasional yang dibentuk Belanda, Luksemburg, Norwegia, Jerman, Belgia, dan Republik Ceko.

Pesawat lepas landas hari ini menuju Pangkalan Operasi Utama yang berlokasi di Eindhoven, Belanda. Armada MMF juga akan beroperasi dari lokasi kedua, Forward Operating Base di Cologne, Jerman.

Dirk Hoke, CEO Airbus Defence and Space mengatakan, Program MMO NATO dengan sempurna mewakili masa depan kerja sama pertahanan dan menunjukkan keberhasilan sebenarnya dari konsep pooling dan sharing.

Menurut Peter Dohmen, Manajer Umum Badan Dukungan dan Pengadaan NATO (NSPA), mengatakan bahwa program MMF adalah contoh utama dari kerja sama yang sangat baik antara negara, Uni Eropa dan NATO dan kolaborasi yang kuat antara OCCAR dan NSPA.

Kemampuan canggih yang unik ini akan memungkinkan negara-negara yang berpartisipasi untuk melakukan berbagai operasi di berbagai domain. 

Program MMF didanai enam negara yang akan memiliki hak eksklusif untuk mengoperasikan pesawat milik NATO. Pesawat akan dikonfigurasikan untuk pengisian bahan bakar di udara, pengangkutan penumpang dan kargo serta evakuasi medis.

Badan Pertahanan Eropa (EDA) memprakarsai program MMF pada 2012. 



Komentar