HOT NEWS

70 Perusahaan Batal Tampil, Singapore Airshow 2020 Tetap Digelar

Selasa, 11 Februari 2020 10:15
Penulis : Remi
70 Perusahaan Batal Tampil, Singapore Airshow 2020 Tetap Digelar

Walau dihantui wabah virus corona, Bayi Aerobatic Team milik AU China menyatakan tetap tampil di Singapore Airshow 2020. Sumber: PLAAF

Angkasa.news - Lebih dari 70 perusahaan akhirnya batal mengikuti pameran kedirgantaraan Singapore Airshow 2020. Perusahaan raksasa AS Lockheed Martin termasuk yang pertama kali mengkonfirmasikan pembatalannya karena wabah virus Corona. Namun demikian, penyelenggara bersikeras acara penerbangan terbesar di Asia itu akan tetap berlanjut.

Leck Chet Lam, direktur pelaksana Experia, perusahaan penyelenggara Singapore Airshow 2020 mengkonfirmasi bahwa lebih dari 70 peserta pameran telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi, tetapi mengatakan ada "kehadiran yang masih kuat" di pameran itu.

Pihak penyelenggara mensosialisasikan tindakan pencegahan. Misalnya dengan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh tamu dan peserta pameran. Pemeriksaan ini diberlakukan menjelang pembukaan acara yang dibuka pada hari ini (11/02/2020). 


Panitia juga menyarankan peserta untuk tidak bersalaman, namun saling menyapa dengan membungkuk atau melambaikan tangan.

Wabah virus Corona saat ini telah menewaskan lebih dari 1.000 orang di seluruh China dan menyebar ke hampir lebih dari 20 negara lain.

Meskipun pemerintah Singapura telah mengeluarkan larangan ke beberapa negara untuk datang ke negaranya, angkatan udara China menyatakan akan tetap mengambil bagian dalam pertunjukan udara itu. Ini merupakan penampilan perdana tim aerobatik China di Singapura.

Lebih dari 10 perusahaan China yang sedianya akan menjadi peserta pameran sebelumnya telah mengundurkan diri. Selain itu, De Havilland, salah satu produsen pesawat asal Inggris juga ikut membatalkan penampilannya setelah pemerintah Singapura menaikkan tingkat siaga bencana pada Jumat Lalu. Hal serupa dilakukan oleh pabrikan asal Kanada Bombardier.

Selain peserta pameran, beberapa tim aerobatik yang sedianya akan menghibur para pengunjung Singapore Airshow 2020 juga membatalkan kehadirannya. Tim aerobatik angkatan udara Korea Selatan misalnya, telah menarik diri dari Singapore Airshow awal pekan lalu.

Jupiter Aerobatic Team yang mewakili Indonesia sebelumnya juga telah resmi undur diri dari perhelatan itu. Padahal, minggu lalu seluruh personel Jupiter Aerobatic Team telah singgah di Batam, Kepulauan Riau sebelum melanjutkan penerbangan ke Singapura.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.