HANKAM

Yonko 465 Paskhas Terima Rantis APC Turangga 4X4

Rabu, 29 Juli 2020 12:44
Penulis : Beny Adrian
Yonko 465 Paskhas Terima Rantis APC Turangga 4X4

APC Turangga 4x4. Sumber: Dispenau

Angkasa.news - Batalyon Komando 465 Paskhas menerima alutsista terbaru berupa kendaraan angkut personel (APC) Turangga 4x4. Yonko 465 berada di Lanud Supadio, Pontianak. 


APC Turangga 4x4 tiba di Markas Yonko 465 Paskhas untuk memberikan kemampuan operasional berupa mobilitas dan kecepatan di medan operasi.

Sebelum diterima Yonko 465 Paskhas, rantis APC Turangga 4x4 telah menjalani sejumlah uji coba dan pemeriksaan kelengkapan di Mako Korpaskhas Bandung. Turangga dibuat oleh PT Karya Tugas Anda yang di kalangan pelaku industri angkutan darat dikenal luas dengan brand karoseri Tugasanda.

Komandan Batalyon Komando 465 Paskhas Letkol Pas Jhoni Imanuel Laimeheriwa pada saat melakukan pemeriksaan dan kelengkapan Turangga menyatakan, rantis ini digunakan operasional untuk mendukung dalam melaksanakan penyerbuan cepat dan pengawalan konvoi serta patroli pengamanan bandara.

Dengan adanya Turangga diharapkan dapat meningkatkan moril dan kepercayaan diri prajurit dalam melaksanakan tugas operasi.

Kepada personel yang akan mengawaki dan merawat rantis Turangga , agar dalam pengoperasiannya dilaksanakan sesuai prosedur dan mengaplikasikan segala sesuatu apa yang telah didapatkan pada saat mengikuti pelatihan operasional rantis Turangga.

Kehadiran Turangga terendus saat pameran Indo Defence 2018 Expo & Forum. Saat itu disebutkan oleh pihak pabrikan yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur ini bahwa Korpaskhas TNI AU meminang 13 unit Turangga.

Sedikit mengintip jeroannya, ranpur ini mengusung mesin turbo diesel 6.700 cc V8 buatan Ford, dengan tenaga 400 hp dan torsi 1.085 Nm melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Mesin Ford Super Duty jadi pilihan agar ranpur bisa diandalkan meski bobot operasional bisa mencapai 8 ton.

Dengan kabin luas yang mampu membawa 10 pasukan bersenjata lengkap, Turangga dipastikan sudah mengadopsi konstruksi V-shaped hulls untuk memberikan keamanan bagi pasukan di dalamnya saat kendaraan diterjang bom rakitan.

Dengan kabin luas yang mampu membawa 10 pasukan bersenjata lengkap, Turangga dipastikan sudah mengadopsi konstruksi V-shaped hulls untuk memberikan keamanan bagi pasukan di dalamnya saat kendaraan diterjang bom rakitan.

Sedikit mengintip jeroan Turangga, ranpur ini mengusung mesin turbo diesel 6.700 cc V8 buatan Ford, dengan tenaga 400 hp dan torsi 1.085 Nm melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Menurut salah seorang staf Tugasanda, mesin Ford Super Duty jadi pilihan agar ranpur bisa diandalkan meski bobot operasional bisa mencapai 8 ton.

Seluruh badannya sudah dilapisi baja pelindung CEN B6 Level. Artinya Turangga bisa menjamin keselamatan penumpangnya dari terjangan peluru kaliber 5,56mm dan 7,62mm.

Masih dari bagian yang paling terekspos, sudah pasti keempat rodanya menggunakan jenis run flat. Sehingga meski sudah diberondong tembakan, pengemudi masih bisa melarikan kendaraannya ke zona aman.

Nama Turangga diambil dari bahasa Jawa yang berarti kuda. 



Komentar