HANKAM

Wingday Sekbang, Letda Lek Eveline Putri Indah Sari Jadi Navigator Wanita Pertama TNI AU

Senin, 04 November 2019 13:35
Penulis : Beny Adrian
Wingday Sekbang, Letda Lek Eveline Putri Indah Sari Jadi Navigator Wanita Pertama TNI AU

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna tutup Sekbang dan Seknav TNI. Sumber: Dispenau

Angkasa.news - KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna melantik 19 penerbang lulusan Sekolah Penerbang A-96/PSDP, 11 perwira lulusan Sekolah Navigator A-13, dan seorang perwira penerbang Letda Pnb Dimas Hendro Priyono yang baru saja menyelesaikan pendidikan sekolah penerbang di Amerika Serikat.

Upacara Prasetya Perwira (Praspa) dan Wingday Perwira Sukarela Dinas Pendek (PSDP) Penerbang TNI A-96 dan Sekolah Navigator (Seknav) A-13 ini berlangsung di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Senin (4/11).

Predikat siswa Sekbang A-96/PSDP terbaik dan meraih trofi pada jurusan fixed wing adalah Letda Laut (P) Ridwan Maulana (TNI AL). Kemudian pada jurusan rotary wing diraih Letda Cpn MHD. Ardhian Dwiputra Sitepu (TNI AD).

Sementara lulusan terbaik Seknav A-13 diperoleh Letda Nav Ahmad Fauzi Nurputranto, B.Eng. Di antara navigator yang baru diwisuda terdapat Letda Lek Eveline Putri Indah Sari. Ia tercatat sebagai navigator wanita pertama TNI AU.

KSAU mengingatkan kepada para airmen muda ini untuk menjamin tercapainya tugas di udara dengan sukses, selamat, dan aman. "Kuncinya ada pada airmanship yang baik," ujar Yuyu.

"Berbagai alutsista modern dengan berbasis pada kemampuan network centric warfare akan segera kita miliki dan nantinya akan diawaki kalian, para penerbang dan navigator yang ada di depan saya," tambah KSAU.

Yuyu juga mengingatkan, aspek yang terpenting dalam airmanship adalah attitude, diwujudkan dalam sikap dan perbuatan yang luhur dalam berinteraksi sosial.

"Faktor attitude inilah yang akan menjadi faktor utama dalam menentukan pejalanan karier kalian ke depan sebagai seorang perwira Tentara Nasional Indonesia," ujar KSAU.

Wingday dan Praspa Sekbang A-96/PSDP dilaksanakan setelah melalui tahapan pendidikan yang terdiri dari pendidikan pertama (dikma), pendidikan dasar golongan perwira (diksargolpa), tahap bina kelas, bina terbang, dan tahap kematraan selama 34 bulan. Sedangkan pendidikan Seknav A-13 dilaksanakan selama 10 bulan.

Di pengujung wingday, langit Lanud Adisutjipto dimeriahkan flypast empat pesawat Grob G120TP-A, 4 pesawat KT-1B Woong Bee, 2 pesawat F-16 dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, dan 2 pesawat T-50i dari Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi.

Mengakhiri rangkaian kegiatan, seluruh wisudawan melaksanakan tradisi passing out parade yang dilaksanakan oleh siswa-siswa Sekbang.

Turut hadir dalam Irjenau, Koorsahli KSAU, Aspers Panglima TNI, Dankodiklat TNI, para Aspers Kas Angkatan, para Asisten KSAU, Pangkohanudnas, Pangkoopsau I, II, dan III, Dankodiklatau, Dankoharmatau, Dankorpaskhas, Danseskoau, Gubernur AAU, Kapolda DIY, para Kadis jajaran Mabesau.

Turut hadir Danlanud Iswahjudi, Danlanud Suryadarma, Danlanud Abdulrachman Saleh, Danrem 072/Pamungkas, Danlanal Yogyakarta, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ayu Yuyu Sutisna, para pejabat Forkopimda DIY, dan keluarga wisudawan.



Komentar