HANKAM

Untuk Sementara, Caracal Gantikan Tugas Super Puma sebagai Heli VVIP

Senin, 13 Januari 2020 13:20
Penulis : Beny Adrian
Untuk Sementara, Caracal Gantikan Tugas Super Puma sebagai Heli VVIP

Presiden Jokowi keluar dari helikopter EC-725 Caracal. Sumber: Dispenau

Angkasa.news - Helikopter EC-725AP Caracal yang dioperasikan TNI AU, akan segera menjalani alih tugas sebagai helikopter VVIP.

Peran baru ini akan dijalani Caracal menggantikan NAS-332 Super Puma yang sedang menjalani masa perawatan.

Presiden Joko Widodo saat meninjau EC-725 Caracal di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (12/1), meminta helikopter buatan Airbus Helicopters yang menjadi kekuatan Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor ini, dapat menjadi alternatif dukungan VVIP selama helikopter Super Puma menjalani perawatan.

Seperti apa detail helikopter buatan Airbus ini, Jokowi mendapat penjelasan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terkait safety dan kenyamanan pesawat termasuk interior.

TNI AU total mengoperasikan enam helikopter EC-725. Dua heli terakhir diterima pada 19 September 2017. Heli ini diberi nomor ekor HT-7205 dan HT-7206.

Helikopter Caracal termasuk di antara aset udara TNI AU yang dikerahkan untuk mengirim bantuan saat terjadi bencana alam di Lombok dan Palu tahun 2018. Helikopter EC-725 Caracal ini pula yang sering mengantarkan Panglima TNI blusukan saat melakukan kunjungan kerja di daerah.  



Komentar