HANKAM

Tak Butuh Waktu Lama, Koharmatau Berhasil Hidupkan Radar di Kwandang Setelah Mati Setahun

Selasa, 18 Februari 2020 08:38
Penulis : Beny Adrian
Tak Butuh Waktu Lama, Koharmatau Berhasil Hidupkan Radar di Kwandang Setelah Mati Setahun

Sathar 52 Depohar 50 memperbaiki Satrad 224 Kwandang, Gorontalo. Sumber: Koharmatau

Angkasa.news - Tidak berlebihan memuji, tapi ini fakta hebat. Satuan Radar (Satrad) TNI AU 224 Kwandang, Gorontalo Utara, Gorontalo yang setahun terakhir tidak dapat beroperasi, kembali on. Bukan karena didatangi teknisi asing, tapi justru dari TNI AU sendiri.

Murah dan cepat kerjanya. 

Sebagaimana kita ketahui, Satrad adalah kesatuan yang berada di bawah Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas). Tugas dan fungsi utamanya adalah sebagai mata dan telinga untuk mengawasi dan memantau segala pergerakan udara dalam wilayah udara Indonesia.

Karena kondisi rusak dan bisa mengganggu kedaulatan NKRI di udara, Koharmatau pun membentuk tim. Tidak bisa menunggu lebih lama lagi. 

Tepatnya Sabtu, 15 Februari 2020, Tim Bantuan Pemeliharaan Lapangan (Banharlap) Satuan Pemeliharaan 52 Depohar 50 Koharmatau dibantu dua personel Satrad 223 Balikpapan serta personel Satrad 224 Kwandang, mulai melaksanakan perbaikan. 

Setelah dilakukan berbagai kajian penyebab Satrad rusak, diketahui bahwa penyebab kerusakan berasal dari Primary Surveillance Radar (PSR). Akibatnya radar tidak dapat berfungsi seperti biasanya.

Sabtu itu pukul 11, perbaikan dilakukan. Setelah bekerja keras dan cermat, kemudian dilakukan pengujian. Dengan hasil prima, hari itu juga PSR kembali berfungsi seperti sedia kala.

Tim Banharlap Sathar 52 Depohar 50 Koharmatau menyatakan, PSR sudah dapat bekerja dengan normal dengan hasil penangkapan wilayah jangkauan radarnya mencapai 231 NM seperti pada saat operasi sebelumnya.

Radar kemudian dinyatakan siap melaksanakan tugas utamanya sebagai matra udara sesuai Skep Panca Indra (SPI), menggunakan PSR dan Secondary Surveillance Radar (SSR).

Sebagai tanda bahwa Satrad TNI AU 224 Kwandang, Gorontalo kembali beroperasi, dilaksanakan Penandatanganan dan Penyerahan BA serah terima perbaikan alutsista Radar dari Depohar 50. Upacara ini dilakukan dari Dansathar 52 Mayor Lek Andi Johan kepada Dansatrad 224 Kwandang, Letkol Lek Hendrayana Wijaya.

Semua pencapaian keberhasilan ini tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya koordinasi lintas sektor. Koodinasi yang baik dengan melibatkan Koharmatau, Diskomlekau, Dislitbangau, Kohanudnas dan mitra dalam hal ini PT EBS.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.