HANKAM

Sebentar Lagi, Detasemen Wamena Akan Ditingkatkan Menjadi Lanud Tipe C

Sabtu, 27 Juni 2020 16:46
Penulis : Beny Adrian
Sebentar Lagi, Detasemen Wamena Akan Ditingkatkan Menjadi Lanud Tipe C

Sumber: Pen Koopsau III

Angkasa.news - Detasemen Wamena sebentar lagi akan ditingkatkan statusnya dari Detasemen menjadi Pangkalan Udara Operasional tipe C.


Hal itu di sampaikan Pangkoopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga saat memimpin pergantian Komandan Detasemen Wamena, Kamis (25/6).

Komandan Detasemen Wamena Mayor Pnb Arief Sudjamiko digantikan Letkol Pnb Kholiq Yulianto (alumni AAU 2000) yang sebelumnya menjabat sebagai Pabadya dukungan operasi Koopsau III.

Detasemen Wamena saat ini telah menjalankan tugas negara membantu Pemerintah Daerah turut mendistribusikan kebutuhan logistik masyarakat Jayawijaya dan sekitarnya.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 menuju new normal telah banyak berperan nyata membantu mendistribusikan bantuan alat kesehatan milik Pemda maupun pasien kritis yang memerlukan penanganan medis secepatnya, juga dilakukan Detasemen Wamena.

Melihat kondisi geografi wilayah Kabupaten Jayawijaya dan sekitarnya yang terisolir, transportasi udara menjadi andalan. Kehadiran Detasemen Wamena memiliki peran besar dan memperhatikan aspek kekuatan udara, perlu secepatnya ditingkatkan statusnya menjadi Lanud operasional tipe C.

Detasemen Wamena merupakan satuan yang dimiliki Koopsau III dan berada di wilayah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Papua.

Masyarakat Wamena telah lama akrab dengan kehadiran pesawat C-130 Hercules TNI AU. Masyarakat Wamena memanfaatkan pesawat ini bukan saja sebagai angkutan personel tetapi juga membawa logistik kebutuhan masyarakat serta menjadi pintu gerbang urat nadi ekonomi di sembilan kabupaten di wilayah sekitar pegunungan Jayawija.



Komentar