HANKAM

Pengalaman Navigasi ke Luar Negeri, 108 Taruna AAU Laksanakan Muhibah ke Jepang

Senin, 02 Desember 2019 19:42
Penulis : Beny Adrian
Pengalaman Navigasi ke Luar Negeri, 108 Taruna AAU Laksanakan Muhibah ke Jepang

Taruna tingkat IV AAU melaksanakan kunjungan ke Jepang. Sumber: Dispenau

Angkasa.news - Guna menambah wawasan taruna senior Akademi Angkatan Udara (AAU) tentang negara sahabat serta pengalaman terbang jarak jauh, sebanyak 108 Taruna tingkat IV melaksanakan muhibah ke Jepang.

Kontingen yang terdiri dari Taruna beserta 14 pendukung ini, dipimpin langsung oleh Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso.

Muhibah yang dilakukan mulai Senin (25/11) merupakan rangkaian kegiatan latihan Cakra Wahana Paksa (CWP) dalam dan luar negeri. Rombongan AAU berangkat menggunakan pesawat Boeing B737-400 TNI AU.

Sebelum diberangkatkan menuju Bandara Haneda Jepang melalui Bandara Adi Sumarmo, Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso beserta seluruh kontingen melakukan pertemuan singkat dengan Komandan Lanud Adi Sumarmo Kolonel Pnb Damanik.

Saat berada di Jepang, seluruh kontingen mengunjungi Japan Air Self Defence Force (JASDF) dan National Defence Academy (NDA) dengan ditemui oleh pejabat terkait.

Muhibah ke Jepang merupakan bagian dari latihan CWP dan salah satu kurikulum pendidikan yang harus ditempuh.

Tujuannya adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para Taruna tingkat IV tentang navigasi udara ke luar negeri, PLLU, meteo, peranan awak pesawat dan pangkalan udara serta peningkatan kualitas kerjasama internasional dan mempererat hubungan persahabatan antar negara.

Kegiatan ini berakhir pada Rabu (27/11) dan kembali ke tanah air sekira pukul 10.00 waktu setempat dengan menempuh jarak penerbangan yang cukup panjang.



Komentar