HANKAM

Memulai Kunker, KSAU Marsekal Fadjar Pilih Koopsau III di Biak untuk Disambangi

Jumat, 03 Juli 2020 09:42
Penulis : Beny Adrian
Memulai Kunker, KSAU Marsekal Fadjar Pilih Koopsau III di Biak untuk Disambangi

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Sumber: Pen Koopsau III

Angkasa.news - Memulai kunjungan kerjanya di tengah masa peralihan menuju new normal, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memilih Koopsau III di Papua sebagai wilayah pertama yang dikunjunginya di luar Pulau Jawa.


Tentu kunjungan ini memiliki pesan khusus, yaitu menunjukkan keseriusan TNI AU dalam mendukung program pemerintah dalam membangun Papua.

Dalam kunker ini, KSAU mengunjungi Lanud Manuhua, Kosekhanudnas IV, dan Batalyon Komando 468 Paskhas yang berada di Biak, Papua, Kamis (2/7).

KSAU mengawali kunjungannya dengan meninjau kesiapan Makoopsau III yang baru saja selesai pembangunannya. Saat ini Koopsau III dipimpin Marsda TNI Novyan Samyoga.

Dimulai dari ruang kerja Pangkoopsau III, ruang Puskodal Koopsau, area perkantoran, mes, serta perumahan dinas pejabat dan personel Koopsau III.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa Makoopsau III adalah Kotama yang baru dibentuk yang sarana dan prasarananya masih terus dibangun. Ini sejalan dan sesuai dengan perintah Presiden bahwa TNI mengembangkan kekuatan di wilayah timur,” ujar Fadjar .

Dari Makoopsau III dilanjutkan kunjungan ke Kosekhanudnas IV. KSAU meninjau ruang Pusat Operasi Sektor (Posek), untuk memantau radar di area wilayah Indonesia Timur.

Kunker dilanjutkan ke Batalyon Komando 468 Paskhas, meninjau persenjataan dan peralatan yang dimiliki Paskhas, pengecekan gudang senjata, dan kendaraan operasional.

Kunker KSAU di kota Karang Panas ini diakhiri dengan meninjau Skadron Udara 27 yang dilengkapi pesawat CN235-220 MPA (Maritime Patrol Aircraft) berkekuatan radar intai dan pesawat CN295 untuk dukungan Operasi Cenderawasih.

Dalam pengarahannya, Marsekal Fajar menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Skadron Udara 27.

“Kalian adalah pionir skadron ini, tetap semangat, dan optimis bahwa wilayah timur ini akan terus kita bangun dan kalian lah bagian dari pembangunan tersebut,” tegas Fadjar.

Kedatangan KSAU beserta rombongan disambut Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Daan Sulfi dan pasukan jajar kehormatan.

Turut pula dalam penyambutan Pangkoopsau III, Kaskoopsau III, Pangkosekhanudnas IV, Danyonko 468 Paskhas, Komandan Skadron 27 beserta para pejabat TNI AU lainnya.

Dalam kunker ini KSAU didampingi Asrena KSAU, Aslog KSAU, Pangkohanudnas, Danpuspomau, Kadisopslatau, dan Kasubdisfasdukbang Diskonau.

Menurut Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto, kunjungan ini sangat memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. "Rombongan KSAU sangat sedikit, beliau betul-betul membatasi jumlahnya," jelas Kadispenau. 

 



Komentar