HANKAM

Koharmatau Susun Revisi Petunjuk Teknik Udara Seluruh Pesawat Tempur TNI AU

Jumat, 14 Februari 2020 07:55
Penulis : Beny Adrian
Koharmatau Susun Revisi Petunjuk Teknik Udara Seluruh Pesawat Tempur TNI AU

Rakor Koharmatau 2020. Sumber: Pen Koharmatau

Angkasa.news - Dalam mejawab tantangan tugas yang semakin kompleks, peningkatan kemampuan Koharmatau adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan guna menjawab serta mendukung tugas-tugas yang diemban TNI AU.

Sebagai komando utama yang memegang kendali urusan pemeliharaan dan materiil TNI AU, peran Koharmatau tidaklah ringan. Kreativitas dan inovasi sejatinya menjadi darah roh dari Koharmatau.

Sejumlah penegasan itu disampaikan Komandan Koharmatau Marsda TNI Dento Priyono dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Koharmatau Marsma TNI Toto Miarto dalam rapat koordinasi penyusunan Petunjuk Teknik Udara (PTU) 132 tentang BP3A pemeliharaan pesawat Su-27/30, T-50i, F-16, dan Hawk 109/209 di Mako Koharmatau, Kamis (13/2).

Koharmatau mempunyai tugas yang tidak ringan yaitu pemeliharaan alutsista dalam rangka mempertahankan materiil atau fasilitas agar tetap dalam keadaan baik. Juga memulihkan kondisi materiil atau fasilitas ke dalam kondisi untuk siap pakai.

Dankoharmatau melanjutkan, dalam melaksanakan perawatan pemeliharaan dan produksi materiil TNI AU serta menyelenggarakan pembinaan peralatan bengkel, peralatan produksi dan publikasi teknik sangat dibutuhkan Petunjuk Teknik Udara sebagai pegangan, agar tugas yang diselenggarakan tetap dalam aturan guna menghindari terjadinya kesalahan.

Melalui rapat ini Dankoharmatau mengharapkan Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan PTU 132 tentang BP3A guna mendukung kelancaran penyelenggaraan pemeliharaan alutsista TNI AU. Khususnya perencanaan pemeliharaan pesawat Su-27/30, T-50i, F-16, dan Hawk 109/209 yang saat ini perlu adanya revisi Petunjuk Teknik Udara.

“Dengan adanya petunjuk teknis tersebut diharapkan akan tercipta sistem informasi pemeliharaan yang mantap dan terpadu baik antara masing-masing satuan pelaksana, yang muaranya terjaminnya kesiapan dan keandalan materiil utama sistem senjata dil ingkungan TNI AU," tegas Dankoharmatau.

Seluruh personel Koharmatau diharapkan menjadikan kegiatan ini sebagai wahana untuk menyamakan persepsi, forum komunikasi dan koordinasi terkaitan upaya peningkatan kemampuan Koharmatau.

"Manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar kehadiran kita semua di sini dapat memberikan kontribusi positif untuk pembahasan hal-hal yang urgen serta mendapatkan kesimpulan yang baik, guna mendukung kemajuan TNI AU," ujar Marsda Dento.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.