HANKAM

Babinsa Berhati Emas, Bagikan 100 Takjil Gratis Setiap Hari di Lima Desa Binaan

Selasa, 19 Mei 2020 13:45
Penulis : Beny Adrian
Babinsa Berhati Emas, Bagikan 100 Takjil Gratis Setiap Hari di Lima Desa Binaan

Babinsa Koptu Ishak Nur. Sumber: Dispenad

Angkasa.news – Menjadi Babinsa atau Bintara Pembina Desa memang tidak sekadar tugas dan perintah. Banyak Babinsa menunjukkan empati yang begitu dalam kepada warga di wilayah teritorialnya, sehingga rela melakukan sesuatu yang di luar tugasnya. 


Alasannya cuma satu, yaitu demi keamanan, ketenangan, kenyamanan, dan kedamaian warganya. 

Seperti halnya Koptu Ishak Nur yang menjadi Babinsa Koramil 1314-03/Batudaa, Gorontalo Utara. Dengan mengendarai sepeda motor dinasnya, ia rela setiap hari keluar masuk kampung untuk membagikan 100 paket takjil buka puasa.

Paket ini ia bagikan kepada warga di Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.

Dandim 1314/Gorontalo Utara Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias sangat mengapresiasi insiatif anggotanya yang memiliki kepedulian sosial sangat tinggi.

Pembagian paket takjil ini tentu sangat bermanfaat bagi warga yang tengah menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Koptu Ishak Nur (39) seperti dikutip tniad.mil.id, kegiatan ini ia lakukan terinspirasi dari imbauan Dandim 1314 untuk peduli terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.\

“Tahun-tahun sebelumnya, takjil Ramadhan biasanya saya berikan ke masjid. Namun tahun ini, dampak pandemi Covid-19 kegiatan buka bersama di masjid ditiadakan,” kata Ishak.

Karena itulah ia berinisiatif membagikan takjil buka puasa dengan cara berkeliling kampung mendatangi warga.

Untuk mewujudkan niatnya ini, Koptu Ishak Nur harus merogoh koceknya sendiri. Karena untuk membawa 100 takjil, ia butuh kotak yang ditaruh di belakang motornya.

Ia tidak ragu menggunakan uang rapelan tiga bulan tunjangannya sebagai Babinsa untuk biaya pembuatan kotak makanan di motor dinasnya.

Biaya juga dibutuhkannya setiap hari untuk membuat 100 takjil. Ishak bersyukur karena mendapat bantuan dari Dandim yang memberikan tambahan biaya Rp 500.000 per minggu.

Setiap harinya Koptu Ishak menyiapkan 100 takjil yang terdiri dari bubur ayam dan beberapa jenis kue jajanan pasar.

Keluarganya mendukung sepenuhnya sehingga proses penyiapan ini dikerjakan sepenuhnya oleh sang istri Srimaya S. Daud dan anaknya Munif Rahman serta satu orang kerabat dekatnya.

“Bubur ayam kita buat sendiri, hasil masakan istri saya. Sedangkan kue-kue beli di pasar,” aku Ishak.

“Keluarga sangat mendukung, bahkan sekali-kali istri dan anak saya ikut berkeliling kampung membagikan takjil,” jelasnya.

Sebagai Babinsa, Koptu Ishak memiliki 10 desa binaan. Sejauh ini ia telah memberikan takjil ke empat desa binaannya. Antara lain Desa Botubulowe, Desa Pilolalenga, Desa Ambara, dan Desa Ayuhula.

“Targetnya lima desa binaan, sudah empat desa selanjutnya takjil akan diberikan ke warga Desa Momala,” jelasnya.

Perbuataan yang sungguh mulia Pak Babinsa berhati emas, jauh dari pamrih dan tepuk riuh.



Komentar