HANKAM

A Moment of Reflection, 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-India yang Dihadiri Kadispenau

Rabu, 26 Februari 2020 15:18
Penulis : Beny Adrian
A Moment of Reflection, 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-India yang Dihadiri Kadispenau

Kadispenau bersama Prof. DR. Meutia Hatta. Sumber: Dispenau

Angkasa.news - Menjelang acara perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan India, Dubes Indonesia untuk India Sidharto Suryodipuro, mengundang para pembicara dari Indonesia yang salah satunya Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto untuk menghadiri jamuan makan malam dan bersilaturahmi di Kantor Kedubes di New Delhi, (24/2).

Malam silaturahmi yang hangat itu selain membahas tentang "A Moment of Reflection" esok harinya, sekaligus membicarakan betapa eratnya hubungan kedua negara di masa perang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Prof. DR. Meutia Hatta yang juga hadir di acara malam silaturahmi, bercerita mengenai ayahnya Mohamad Hatta yang menyamar menjadi kopilot untuk bisa mengelabui Belanda saat terbang ke New Delhi guna bertemu Perdana Menteri India Jawaharial Nehru dan Mahatma Gandhi. Penerbangan ditempuh melalui rute Maguwo-Kualalumpur-Rangoon-Calcuta-New Delhi.

Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto juga menyatakan, betapa besarnya peran Biju Patnaik kepada Indonesia, khususnya Angkatan Udara Indonesia di masa perang kemerdekaan.

Karena pesawat DC-3 Dakota miliknya digunakan untuk melatih Adisutjipto, Abdulrachman Saleh, dan Iswahyudi. Bahkan latihan terbang sat itu langsung diawasinya.



Komentar