BISNIS

Untuk Gairahkan Dunia Kedirgantaraan, LAPAN Akan Jalin Kerja Sama dengan Sejumlah Lembaga

Kamis, 26 September 2019 14:08
Penulis : Beny Adrian
Untuk Gairahkan Dunia Kedirgantaraan, LAPAN Akan Jalin Kerja Sama dengan Sejumlah Lembaga

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Angkasa.news - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan menyelenggarakan Ekspose Kerja Sama Penerbangan dan Antariksa dan Seremoni Penandatanganan Naskah Kerja Sama di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta pada 27 September 2019.

Ekspose Kerja Sama ini akan dilaksanakan dalam bentuk talk show. Tujuan acara ini adalah sebagai bentuk penyampaian informasi hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan LAPAN.

Dalam talk show ini akan disampaikan informasi berkaitan penelitian dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa yang telah dilakukan LAPAN.

Kegiatan tersebut menjadi momentum yang strategis bagi LAPAN untuk menyebarluaskan informasi capaian keberhasilan penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan selama ini.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini LAPAN telah mengembangkan teknologi di bidang Penerbangan dan Antariksa. Di antaranya Satelit LAPAN–A3/LAPAN-IPB (memiliki misi pemantauan lahan, pemantauan kapal, keilmuan, dan uji eksperimen) serta pengembangan roket seri RX (RX 450 dan RX 1220).

Pada bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, LAPAN telah mengembangkan Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA), yang memiliki fungsi sebagai sistem peringatan dini bencana untuk memonitor hujan ekstrem serta Space Weather Information and Forecast Services (SWIFT) sebagai layanan informasi lingkungan cuaca antariksa.

Satelit LAPAN A2/LAPAN Orari. Sumber: LAPAN

Juga pada bidang Penginderaan Jauh, LAPAN berperan dalam penyediaan citra satelit penginderaan jauh, pemetaan ketahanan pangan, peta tutupan lahan area terbangun, pertahanan keamanan, mitigasi bencana, dan pemantauan sumber daya alam untuk meningkatkan potensi kekayaan daerah yang belum terjangkau oleh pemerintah daerah serta untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.

Terangkai dengan acara Ekspose Kerja Sama, Seremoni penandatanganan Naskah Kerja Sama akan dilakukan LAPAN dengan beberapa mitra kerja sama baik dari Pemerintah Daerah/Kabupaten, Kementerian maupun Lembaga, Perguruan Tinggi, BUMN serta Swasta.

Ruang lingkup kerja sama yang dijalin cukup beragam.

Antara lain penyediaan dan pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh untuk pembangunan daerah, informasi geospasial dan mendukung percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta, pengembangan standar nasional Indonesia di bidang penerbangan dan antariksa, peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan di bidang kedirgantaraan serta sains dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.



Komentar