BISNIS

Setelah 89 Hari Menganggur, A380 ANA Terbang Tapi Hanya 26 Menit. Ada Apa?

Selasa, 23 Juni 2020 15:00
Penulis : Remi
Setelah 89 Hari Menganggur, A380 ANA Terbang Tapi Hanya 26 Menit. Ada Apa?

Sumber: Airbus

Angkasa.news - Pada Senin kemarin (22/6/2020), salah satu pesawat A380 milik All Nippon Airways (ANA) naik ke langit untuk pertama kalinya setelah tiga bulan tidak terbang. Pesawat berwarna hijau zamrud itu lepas landas dari Bandara Narita Tokyo pukul 13:40 waktu setempat.

Namun, tidak seperti seharusnya pesawat itu digunakan untuk penerbangan jauh, A380 itu justru hanya berputar-putar di udara dan mendarat lagi 26 menit kemudian. Pada hari ke 89 setelah penerbangan terakhirnya, pesawat dengan nomor registrasi JA382A itu terbang pendek tanpa penumpang semata-mata untuk tujuan pemeliharaan.

Menurut rencana penerbangan yang dibuat, pesawat itu terbang melintasi kota Tokyo ke Samudra Pasifik. Setelah itu, pesawat belok ke kanan dua kali lagi dan mendarat kembali di landasan A pukul 14:06, 26 menit setelah lepas landas. Kemudian kembali ke tempat parkirnya semula.


Dalam prosedur perawatannya, jika pesawat A380 tidak terbang dalam waktu 90 hari, maka operator harus menerbangkannya untuk menjaga agar roda pendarat dan mesin tetap bekerja secara optimal. 

Hingga saat ini pihak maskapai juga belum bisa memastikan apakah dalam 89 hari berikutnya pesawat JA382A sudah bisa beroperasi secara normal. Pasalnya ANA sendiri belum memutuskan kapan akan membuka penerbangan Tokyo-Hawaii.

ANA sejauh ini telah mengoperasikan dua unit A380. Pesawat yang melakukan penerbangan pendek ini adalah unit kedua yang bergabung dengan maskapai itu. A380 yang ketiga sendiri sebenarnya sudah siap diserahterimakan dan seharusnya mulai beroperasi pada bulan April lalu. Namun, karena sejak 25 Maret lalu ANA menutup hampir seluruh penerbangannya, maka ANA memutuskan untuk menunda pengiriman hingga setidaknya Oktober tahun ini.

Superjumbo telah dicat dengan warna khusus "FLYING HONU" bertema Hawaii yang dipilih ANA untuk geladak ganda. Masing-masing dari ketiganya memiliki binatang penyu sebagai penyu, tetapi warna-warna cerahnya membedakan mereka satu sama lain.



Komentar