BISNIS

Qantas Akan Gelar Penerbangan Uji Coba 19 Jam Non Stop

Jumat, 23 Agustus 2019 17:00
Penulis : Remi
Qantas Akan Gelar Penerbangan Uji Coba 19 Jam Non Stop

Pesawat Boeing 787-9 yang akan digunakan untuk uji coba terbang 19 jam. Sumber: Qantas

Harap diingat, ini bukan untuk Anda yang takut terbang. 

 

Angkasa.news - Qantas merencanakan sebuah penerbangan "penelitian" dari London dan New York ke Sydney untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan penumpang. Waktu tempuh dari London dan New York ke Sydney sekitar 19 jam.


Maskapai Australia itu mengatakan, tiga penerbangan uji akan membawa paling banyak 40 orang, termasuk kru dan tim peneliti yang akan melihat hal-hal seperti pola tidur dan konsumsi makanan. Mereka akan menilai dampak pada kesehatan, kesejahteraan, dan jam tubuh manusia.

Qantas mengatakan bahwa penumpang yang sebagian besar terdiri dari stafnya sendiri akan dilengkapi dengan perangkat yang dikenakan di tubuh mereka. Perangkat itu akan melakukan tes di seluruh penerbangan. 

Penerbangan uji ini rencananya menggunakan pesawat Boeing 787-9. Boeing dan Airbus sendiri saat ini sedang giat-giatnya mempromosikan produk jet untuk rute jarak jauh mereka.

Qantas belum memastikan akan menggunakan pesawat apa untuk melayani rute jarak jauh tersebut. Keputusan akan dibuat pada akhir tahun ini.

Selain melihat respon tubuh terhadap penerbangan yang jauh, uji coba ini bertujuan untuk melihat apakah penerbangan tersebut layak dijual ke calon penumpang mereka.

"Ini sebenarnya pertama kalinya sebuah maskapai komersial terbang dari New York ke Sydney tanpa henti, dan hanya dua kali terjadi penerbangan dari London ke Sydney," ujar CEO Qantas Alan Joyce kepada  CNBC pada hari Kamis (22/8/2019).

"Ini memungkinkan kami untuk menguji manajemen risiko kelelahan, dampaknya terhadap pelanggan dan karyawan, serta memungkinkan kami untuk membantu mengembangkan rute ini," tambahnya.

Perusahaan berharap, rute New York-Sydney dan London-Sydney bisa mulai beroperasi pada tahun 2022.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.