BISNIS

PTDI Kirim Pesawat NC212i Pertama dari Dua Pesanan Kementerian Pertanian Thailand

Jumat, 25 Oktober 2019 09:54
Penulis : Beny Adrian
PTDI Kirim Pesawat NC212i Pertama dari Dua Pesanan Kementerian Pertanian Thailand

Foto bersama Capt Esther dan tim di depan NC212i Thailand. Sumber: Capt. Esther Gayatri Saleh

Angkasa.news – “Pagi mas just to informed you a new NC212i delivery flights to thailand  for ministry of agricultural companies thailand”.

Pagi-pagi sekali hari ini (25/10), Captain Esther Gayatri Saleh berkirim kabar tentang telah dikirimnya pesawat NC212i pesanan Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC) Thailand.

Pesawat yang dikirim secara ferry flight itu menempuh rute Bandung- Batam-Hat Yai-Nakhon Sawan Air Base sebagai pangkalannya.

Pesawat diterbangkan dari hangar PT Dirgantara Indonesia (PTDI) pada Selasa, 22 Oktober 2019 dan tiba di Thailand pada 24 Oktober.

Pesawat NC212i ini diterbangkan Capt Esther Gayatri Saleh yang merupakan Chief Test Pilot PTDI sebagai pilot utama (in command) dan Capt Ervan Gustanto sebagai Chief the Mission Copilot.

Dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pesawat langsung menuju Bandara Hang Nadim di Batam. Setelah mengisi bahan bakar, pesawat terbang menuju Bandara Hat Yai di Thailand bagian selatan di dekat perbatasan Malaysia dan berakhir di Nakhon Sawan.

Di Thailand, pesawat NC212i akan melaksanakan Final Acceptance Test oleh Department of the Rain Making and Agricultural Aviation, Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC) Thailand pada hari ini.

Pesawat NC212i pesanan Thailand. Sumber: Capt. Esther Gayatri Saleh

Kontrak pengadaan dua unit NC212i diteken pada 17 Maret 2017 antara PTDI dengan AICE Enterprises (Thai) Co Ltd dengan pengguna Department of the Rain Making and Agricultural Aviation, Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC) Thailand.

Nilai kontrak mencapai 25,2 juta dolar AS. Satu unit lagi NC212i rencananya akan dikirim pada akhir tahun ini.

Menurut keterangan, PTDI telah berhasil memproduksi sebanyak 114 unit NC212 baik untuk pengadaan dalam maupun luar negeri, dari total 585 populasi NC212 di dunia.

Hingga saat ini PTDI telah menirim pesawat dan helikopter baik dalam dan luar negeri sebanyak 443 unit.



Komentar