BISNIS

PTDI Ikut Produksi Bell 412, Apa Saja yang Dibuat?

Rabu, 27 November 2019 17:00
Penulis : Remigius Septian
PTDI Ikut Produksi Bell 412, Apa Saja yang Dibuat?

Sumber: Bell/Mike Reyno

Angkasa.news - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) tercatat telah menjadi mitra resmi Bell Textron di Indonesia sejak lebih dari 40 tahun. Saat ini, PTDI dipercaya untuk memproduksi beberapa bagian dari helikopter Bell 412, salah satu produk Bell yang paling fenomenal di Indonesia.

"Saat ini kita produksi bagian tail boom, pylon, dan bagian pintu untuk Bell 412. Ke depan tidak menutup kemungkinan akan ada kerjasama-kerjasama baru dengan pihak Bell," ujar Ibnu Bintarto, Kepala Divisi Penjualan PTDI di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Bagian-bagian tersebut, menurut Ibnu diproduksi langsung di fasilitas produksi PTDI di Bandung, Jawa Barat dan digunakan untuk kebutuhan Bell 412 di Indonesia. 


"Setelah kita produksi, bagian-bagian itu kita kirim ke AS, ke fasilitas produksi Bell. Dirakit di sanadan kemudian dikirim kembali keIndonesia," tambah Ibnu.

Seluruh Bell 412 di yang akan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri dikirim dalam beberapa bagian untuk kemudian diintegrasikan kembali oleh PTDI sebelum diserahkan kepada pemesannya.

Pada awal kerjasama PTDI dengan Bell di dekade '70-an, PTDI sempat diberi hak untuk merakit dari nol Bell 412 untuk kebutuhan Indonesia. "Pada perkembangannya, karena satu dan lain hal, kita tidak bisa lagi merakit secara penuh. Saat ini kita diberi hak untuk produksi beberapa bagian Bell 412," ujar Ibnu.

Menurut catatan, saat ini populasi Bell 412 di Indonesia mencapai 63 unit, baik untuk kebutuhan sipil maupun militer. Dua unit lainnya, menurut pihak PTDI, sudah di Indonesia dan akan segera diintegrasikan. "7 unit lain masih dirakit di tempat produksi Bell," jelas Gatot Mulia Pribadi, VP Business Development and Marketing PTDI



Komentar