BISNIS

Pesawat Paling Langka di Dunia Ini Terbang Bawa 2 Juta Masker COVID-19 ke Eropa

Selasa, 24 Maret 2020 12:00
Penulis : Remi
Pesawat Paling Langka di Dunia Ini Terbang Bawa 2 Juta Masker COVID-19 ke Eropa

Sumber: Airbus

Angkasa.news - Sebagai bagian dari upaya membantu pertempuran berkelanjutan melawan COVID-19, Airbus menggunakan salah satu pesawat A330-800neo yang tengah dalam masa pengujian untuk dijadikan pesawat kargo khusus. Pesawat itu tercatat telah mengangkut sekitar dua juta masker dari fasilitas manufaktur di China ke beberapa negara di eropa.

Masker itu diprioritaskan untuk penggunaan oleh pihak berwenang dan staf medis di Eropa dan diterbangkan pertama kalinya pada minggu lalu antara Eropa dan Tianjin, China. Airbus mengatakan berencana untuk menggelar penerbangan tambahan dalam beberapa hari mendatang.

Eropa sendiri saat ini merupakan pusat pandemi COVID-19 dengan Italia, Spanyol, dan Prancis sebagai negara yang terkena dampak terburuk di dunia. Masker wajah Airbus yang datang langsung dari pabrik di China ini akan disumbangkan ke pihak berwenang di Spanyol dan Prancis.


“Kami melakukan semua yang bisa kami lakukan untuk mendukung mereka yang berada di garis depan melawan virus corona dan membatasi penyebarannya. Kami mencoba untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai kami, berkontribusi sebanyak mungkin kepada masyarakat di masa-masa yang sangat sulit ini," ujar Chief Executive Officer Airbus Guillaume Faury.

Airbus A330-800neo sendiri merupakan varian baru dari keluarga A330 dan baru terbang pertama kali pada November 2018 lalu. Varian A330-800neo lahir dengan badan yang lebih kecil dari A330-900neo. 

Dalam konfigurasi tiga kelas, A330-800neo bisa mengangkut 220-260 penumpang. Namun dengan konfigurasi kelas ekonomi, pesawat bisa dijejali hingga 406 penumpang.

Varian ini baru mendapatkan sertifikasi EASA pada pertengahan Februari lalu. Saat ini tidak ada maskapai penerbangan yang mengoperasikan Airbus A330-800neo, permintaan terhadap pesawat ini pun masih tetap kosong. Ini membuat Airbus A330-800neo menjadi pesawat yang sangat langka.

Saat ini tercatat baru Kuwait Airlines yang memesan A330-800neo sebanyak 8 unit. Unit pertamanya akan dikirim pada November mendatang. Namun jadwal pengiriman ini sangat tergantung dengan perkembangan COVID-19.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.