BISNIS

Perkokoh Kerja Sama dengan Uruguay, China Akan Hibahkan Fregat Type 053H1

Selasa, 10 September 2019 17:05
Penulis : Beny Adrian
Perkokoh Kerja Sama dengan Uruguay, China Akan Hibahkan Fregat Type 053H1

Kapal perang fregat Type 053H1 Jianghu II. Sumber: navyrecognition

Angkasa.news - China dan Uruguay sedang memperkuat hubungan pertahanan di bawah kesepakatan yang ditandatangani di Montevideo oleh menteri pertahanan kedua negara.

Perjanjian yang ditandatangani pada 2 September, menyerukan pembentukan kerangka kerja untuk kerja sama di masa depan dan komitmen khusus Beijing untuk menyumbangkan kapal perang untuk Uruguay.

Kerangka kerja perjanjian menetapkan kondisi umum bagi kedua negara untuk bekerja sama dalam operasi pertahanan termasuk pelatihan, latihan, penyelidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, bantuan kemanusiaan, memerangi terorisme, dan transfer material.

Kapal perang China yang akan disumbangkan ke Uruguay bernilai sekitar 4,2 juta dolar AS.

Meskipun jenis kapal tidak diungkapkan saat penandatanganan perjanjian, sumber yang dapat dipercaya mengatakan seperti dikutid janes.com bahwa mungkin kapal dimaksud adalah fregat Type 053 dari yang dinonaktifkan Juli lalu (Type 053H1 Jianghu II).

Pada 2012, dua kapal Type 053H1 yaitu Anshun (FFG 554) dan Jishou (FFG 557) dihibahkan kepada Myanmar dan dinamakan UMS Mahar Bandoola (F-21) dan UMS Mahar Thiha Thura (F-23)



Komentar