BISNIS

LAPAN Gandeng Banyak Pihak untuk Manfaatkan Hasil Penelitian Kedirgantaraan

Sabtu, 28 September 2019 12:48
Penulis : Beny Adrian
LAPAN Gandeng Banyak Pihak untuk Manfaatkan Hasil Penelitian Kedirgantaraan

Seremoni penandatangan naskah kerja sama LAPAN dengan sejumlah pihak. Sumber: angkasa.news/ Trisna Bayu

Angkasa.news – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyelenggarakan ekspose kerja sama Penerbangan dan Antariksa serta Seremoni penandatangan naskah kerjasama dengan beberapa mitra kerja sama di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat (27/9/2019).


Mitra kerja sama berasal dari pemerintah daerah, kementerian maupun lembaga, perguruan tinggi, BUMN serta swasta.

Seremoni penandatangan naskahperjanjian dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani kedua belah pihak. Sedangkan ekspose kerjasama dikemas dalam bentuk talk show, dengan tujuan menyampaikan informasi hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan LAPAN.

Informasi yang disampaikan dalam talk show berkaitan dengan hasil peneliitian serta pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa mengingat teknologi saat ini sangat berkembang dengan cepat dan pesat.

Momentum ini sekaligus dimanfaatkan LAPAN untuk menyebarluaskan informasi tentang keberhasilan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan selama ini.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini LAPAN telah mengembangkan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa.

Di antaranya satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang memiliki misi memantau lahan, memantau kapal keilmuan dan uji eksperimen. LAPAN juga mengembangkan roket seri RX (RX 450 dan RX 1220).

Sedangkan dalam bidang sains antariksa dan atmosfer, LAPAN mengembangkan Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA). Satelit ini berfungsi sebagai sistem peringatan dini bencana untuk memonitor hujan ekstrem dan Speace Weather Information and Forecast Service (SWIFTs) sebagai layanan informasi lingkungan cuaca antariksa.

LAPAN juga berperan dalam penyediaan citra satelit penginderaan jarak jauh, pemetaan ketahanan pangan, peta tutupan lahan area terbangun, pertahanan keamanan, mitigasi bencana, dan pemantauan sumber daya alam untuk meningkatkan potensi kekayaan daerah yang belum terjangkau oleh pemerintah daerah demi mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.



Komentar