BISNIS

Ilyushin Il-114-300 Segera Diproduksi Massal, Tanda Kebangkitan Pesawat Rusia

Jumat, 22 Mei 2020 12:00
Penulis : Remi
Ilyushin Il-114-300 Segera Diproduksi Massal, Tanda Kebangkitan Pesawat Rusia

Sumber: United Aircraft

Angkasa.news - Proses pembangunan kembali pesawat Ilyushin Il-114-300 sempat dikabarkan batal. Ternyata, baru-baru ini United Aircraft (UAC) sebagai pengembangnya sedang mempersiapkan mentransfer struktur primer pesawat itu ke jalur perakitan akhir di pabrik Lukhovistsky RSK MiG dekat Moskow.

Pabrikan menggambarkan pesawat awal itu sebagai "prototipe" yang sedang dibangun menggunakan teknologi produksi serial.

Tiga bagian badan pesawat ini sebelumnya diproduksi di pabrik Sokol di Nizhny Novgorod, tempat yang sama untuk memproduksi komponen jet tempur MiG. Direktur umum MiG Ilya Tarasenko mengatakan, perusahaannya menginvestasikan 5,6 juta dolar AS untuk mempersiapkan kelahiran kembali Il-114 dengan fasilitas docking otomatis di instalasi produksi baru.


Varian -300 adalah varian modern berisi 68 kursi dari Il-114 yang pertama kali terbang tahun 1990. Produksi sedang dimulai kembali untuk memenuhi permintaan angkutan domestik regional, khususnya di daerah-daerah terpencil. Keberadaan pesawat ini kelak bakal menggantikan beberapa jenis pesawat Antonov yang lebih tua.

Seluruh bagian pesawat dibuat di beberapa pabrik di dalam Rusia. Panel pesawat, pintu, dan palka  diproduksi di pabrik Aviastar di Ulyanovsk, sedangkan pabrik VASO di Voronezh memproduksi bagian sayap dan ekor.

Direktur program penerbangan United Aircraft Sergei Kamensky mengatakan, Il-114-300 akan dibangun seluruhnya dari komponen domestik dengan pabrikan terkemuka dari Rusia yang memasok seluruh sistem dan peralatan.

Operator potensial Il-114-300 tidak hanya  mencakup maskapai penerbangan reguler, tetapi juga operator kargo dan kombi, serta perusahaan dengan tujuan khusus. Tipe ini dapat dilengkapi dengan roda ski serta mampu beroperasi di landas pacu yang belum diaspal.

Pesawat Il-114-300 saat diperkenalkan ke publik di gelaran MAKS Airshow, Moskow 2017.



Komentar