BISNIS

Disebutkan untuk Alasan Keamanan, F-15 AS Intersep Maskapai Mahan Air Iran di Suriah

Minggu, 26 Juli 2020 11:08
Penulis : Beny Adrian
Disebutkan untuk Alasan Keamanan, F-15 AS Intersep Maskapai Mahan Air Iran di Suriah

Maskapai Mahan Air. Sumber: wikipedia

Angkasa.news – Pesawat tempur F-15 Strike Eagle milik Angkatan Udara Amerika Serikat dilaporkan telah mencegat maskapai Mahan Air yang berbasis di Iran di atas wilayah Suriah pada 23 Juli 2020. 


Insiden ini dibenarkan oleh US Central Command (CENTCOM).

Mahan Airlines adalah maskapaai swasta yang berbasis di Teheran, Iran. Maskapai ini mengoperasikan layanan penerbangan domestik dan internasional berjadwal ke Timur Jauh, Timur Tengah, Asia Tengah, dan Eropa.  

Menurut CENTCOM, intersep dilakukan untuk memastikan keamanan personel yang berada di garnisun At Tanf di selatan Suriah.

Berikut bunyi pernyataan CENTCOM yang disampaikan juru bicara Kapten Bill Urban:

F-15 tengah melaksanakan misi rutin diekitar CJTF-OIR di garnisun Tanf di Suriah dengan melaksanakan pemeriksaan visual standar terhadap Mahan Air poada jarak aman sekitar 1.000 meter dari pesawat. Inspeksi visual terjadi untuk memastikan keselamatan personel koalisi di garnisun At Tanf. Setelah pilot F-15 mengidentifikasi pesawat sebagai pesawat penumpang Mahan Air, F-15 menjauh dari pesawat. Pencegatan dilakukan sesuai standar internasional.

Media Iran melaporkan bahwa pilot Mahan Air terpaksa menurunkan ketinggian untuk menghindari tabrakan dengan F-15. Tindakan paksaan ini membuat beberapa penumpang mengalami cedera. Pesawat terbang dari Teheran ke Beirut saat insiden terjadi.



Komentar