BISNIS

Chairul Tanjung Miliki Lebih dari 25% Saham Garuda Indonesia

Jumat, 14 Februari 2020 10:30
Penulis : Remi
Chairul Tanjung Miliki Lebih dari 25% Saham Garuda Indonesia

Sumber: Garuda Indonesia

Angkasa.news - Pemilik CT Corp Chairul Tanjung (CT) dikabarkan kembali mengakuisisi saham Garuda Indonesia sebanyak 47,9 juta lembar saham lewat PT Trans Airways yang merupakan salah satu anak usaha di kelompok bisnisnya. Dengan akuisisi saham ini, Chairul Tanjung memiliki 25,8% saham di maskapai penerbangan plat merah itu.

Informasi perubahan jumlah kepemilikan saham ini didapat dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang bertugas mencatat dan menyelesaikan seluruh transaksi saham di Bursa Efek Indonesia. Data perubahan tercatat pada tanggal 11 Februari 2020.

Dengan akusisi saham tambahan ini, kepemilikan saham PT Trans Airways naik sebesar 0,18% dari sebelumnya. 


Kepemilikan saham Garuda Indonesia oleh Chairul Tanjung sendiri tercatat terus meningkat sejak maskapai itu menjadi perusahaan terbuka. Saat Initial Public Offering (IPO) Garuda Indonesia di tahun 2012 lalu, Chairul Tanjung langsung memborong 10,88% saham.

Pada tahun 2014, kepemilikan saham melonjak menjadi 24,6% saat Garuda Indonesia menerbitkan saham baru melalui skema right issue dengan harga Rp460 per lembar saham.

Tahun lalu, dua perwakilan PT Trans Airways yang duduk di dewan komisaris Garuda Indonesia, Chairal Tanjung dan Dony Oskaria menolak laporan keuangan yang diterbitkan Garuda Indonesia. Penolakan ini terkait isu pendapatan fiktif lewat kerjasama antara PT Mahata Aero Teknologi dengan PT Citilink Indonesia.

 



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.