BISNIS

Belum Pernah Terjadi, Jepang Berikan Fifth Freedom Flights kepada Maskapai Rusia

Selasa, 24 September 2019 08:34
Penulis : Beny Adrian
Belum Pernah Terjadi, Jepang Berikan Fifth Freedom Flights kepada Maskapai Rusia

Maskapai Aeroflot dari Rusia. Sumber: upgradedpoints.com

Angkasa.news - Maskapai Rusia diberi hak oleh Jepang untuk terbang dengan Fifth Freedom ke Hong Kong, Seoul, Bangkok, dan Amerika Serikat.

Fifth Freedom Flights adalah hak yang dimiliki sebuah maskapai untuk melayani penerbangan antar dua negara asing yang bukan merupakan negara asal dari maskapai tersebut.

Jumlah hak komersial untuk operasi penerbangan antara Rusia dan Jepang telah lebih dari dua kali lipat. Yaitu dari 80 menjadi 174 penerbangan per minggu.

“Menyusul pembicaraan antara otoritas penerbangan Federasi Rusia dan Jepang, Kementerian Transportasi Rusia menandatangani sebuah memorandum yang secara substansial memperluas hak (untuk penerbangan ke Jepang) dari maskapai Rusia. Jumlah penerbangan yang dapat dilakukan oleh maskapai Rusia untuk Jepang telah lebih dari dua kali lipat,” ungkap kepala departemen kebijakan negara Kementerian Transportasi Rusia Svetlana Petrova seperti dikutip TASS.

Selain itu maskapai Rusia telah diberi hak untuk Fifth Freedom Flights  ke Hong Kong, Seoul, Bangkok, dan Amerika Serikat.

Fifth Freedom Flights memungkinkan maskapai untuk terbang dari negara sendiri ke negara kedua, dan dari negara itu ke negara ketiga. Misalkan Aeroflot dari Moskow ke Tokyo dan selanjutnya ke Hong Kong.

"Terlepas dari itu, pihak Rusia telah berhasil meyakinkan otoritas penerbangan Jepang untuk memberikan kesempatan kepada maskapai Rusia membawa penumpang dari Rusia ke China melalui Jepang. Itu adalah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya karena rekan-rekan Jepang tidak pernah memberikan hak-hak dari Fifth Freedom Flights untuk penerbangan penumpang,” jelasnya.



Komentar