BISNIS

Bell Pertimbangkan Osprey untuk Penerbangan VIP

Kamis, 02 April 2020 16:00
Penulis : Remi
Bell Pertimbangkan Osprey untuk Penerbangan VIP

Sumber: Bell Boeing

Angkasa.news - Bell mulai mempromosikan versi VIP dari pesawat tiltrotor V-22 yang selama ini digunakan hanya untuk kebutuhan militer. Target utamanya, V-22 bisa menjadi pesawat untuk misi transportasi kepala negara.

Seperti kita ketahui, Bell dan Boeing selama ini hanya menjual V-22 Osprey semata-mata untuk aplikasi militer, terutama untuk kebutuhan AS. Di AS, V-22 dioperasikan oleh angkatan udara, korps marinir, dan angkatan laut. Satu-satunya pelanggan ekspor adalah jepang yang hingga kini masih memesan Osprey hingga 17 unit.

Bell percaya, platform V-22 yang serba bisa dapat membuka peluang penjualan tambahan, khususnya untuk kebutuhan kenegaraan. “Transportasi VIP adalah salah satu dari banyak misi yang V-22 mampu lakukan untuk semua pelanggan kami,” kata Bell dalam sebuah pernyataan.


Saat ini Bell telah mengembangkan konsep V-22 versi VIP untuk menilai beberapa opsi yang akan dijual.

Dalam konfigurasi standar, Osprey dapat menampung 24 personel di kabinnya. Namun, pada gambaran visual yang dirilis oleh pabrikan menunjukkan bahwa pesawat yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL) itu memiliki tata ruang yang jauh lebih luas untuk kebutuhan VIP, termasuk jika diisi tempat duduk eksklusif dan sofa untuk tiga orang.

“V-22 VIP menawarkan kemampuan tiltrotor sama yang memberikan kombinasi unik antara kecepatan dan keserbagunaan yang tidak dapat diberikan oleh pesawat produksi lain,” tambah Bell.

Namun sayangnya, baik Bell maupun Boeing yang mengembangkan pesawat ini mengatakan, V-22 belum akan dipromosikan untuk kebutuhan sipil.

Hingga saat ini, V-22 masih tetap menjadi satu-satunya pesawat tiltrotor di pasaran. Walaupun saat ini Leonardo Company juga sedang mengebut pengembangan AW609 untuk keperluan sipil, namun penjualannya belum dibuka untuk umum.



Komentar