BISNIS

Belajar dari Perang, Boeing Kirim Helikopter CH-47F Chinook ke-500 yang Terus Disempurnakan

Sabtu, 22 Februari 2020 22:15
Penulis : Beny Adrian
Belajar dari Perang, Boeing Kirim Helikopter CH-47F Chinook ke-500 yang Terus Disempurnakan

CH-47F Chinook. Sumber: US Army

Angkasa.news – Ada kebanggaan luar biasa dirasakan raksasa kedirgantaraan Boeing beberapa waktu lalu. 

Pertengahan Februari ini, Boeing mengumumkan keberhasilannya mengirim helikopter CH-47F Chinook ke-500 untuk Angkatan Darat AS dan negara sahabat AS.

CH-47 Chinook telah dioperasikan Angkatan Darat AS dan militer negara sekutu sejak 1962. 

Helikopter CH-47 digunakan secara luas dalam Perang Vietnam dan Perang Teluk 1991 serta di Afghanistan dan Irak. Chinook sangat andal dalam menyediakan mobilitas bagi militer.

Versi terbaru Chinook ini dikembangkan dari pelajaran dan pengalaman yang dialami AS di Afghanistan dan konflik bersenjata beberapa tahun terakhir.

Di Afghanistan, CH-47D sangat diperlukan karena helikopter twin-rotor ini dapat beroperasi di pegunungan tinggi namun terlalu tinggi bagi UH-60 Blackhawk. Dalam sekali terbang, Chinook mampu membawa hingga 30 pasukan dan ribuan pon kargo.

CH-47F telah direkayasa dengan peningkatan untuk membuatnya lebih andal dan tetap terbang lebih lama.

Badan pesawat dirancang ulang untuk membuatnya lebih kokoh dan tahan korosi. Versi baru CH-47 juga dirancang untuk membuatnya lebih mudah dikirim menggunakan pesawat kargo sekelas C-5 Galaxy atau C-17 Globemaster III

Secara eksternal CH-47F terlihat seperti CH-47D. Pembedanya adalah untuk cat baru yang dirancang untuk membuat helikopter lebih sulit dikenali (harder to spot).

Versi terbaru dari helikopter berisi avionik baru, desain ulang pintu rampa dan tiang rotor belakang, serta menggabungkan sistem countermeasures baru terhadap rudal darat ke udara.

Perubahan terbesar pada CH-47 baru adalah susunan instrumen glass cockpit yang semuanya digital untuk menggantikan sistem lama. 

Dikenal sebagai Common Avionics Architecture System, menggabungkan informasi untuk pilot dalam format yang mudah dikelola. 

Teknologi pembacaan digital terbaru ini dirancang dari pengalaman yang dipetik dalam pertempuran di Irak dan Afghanistan.

Dengan kata lain, perang akan selalu mengubah bentuk perang berikutnya seiring teknologi yang terus mengikutinya.



Komentar



Sign Up for Our Newsletters
Get awesome content in your inbox every week.