BISNIS

Akhirnya Lion Air Terbang ke Kulonprogo

Jumat, 26 Juli 2019 18:00
Penulis : Remi
Akhirnya Lion Air Terbang ke Kulonprogo

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengalungkan kain khas kepada penumpang pertama di Bandar Udara Internasional Yogyakarta . Sumber: Lion Air

Angkasa.news - Lion Air memulai penerbangan perdananya ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo dari Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu (24/7/2019) lalu.

Lion Air terbang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG) dengan nomor penerbangan JT-643. Pesawat lepas landas pada 08.35 WITA dan mendarat di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo pukul 09.35 WIB.

Seperti inaugural flight pada umumnya, penerbangan Lion Air kali ini juga ditandai dengan penyiraman air atau water salute saat pesawat masuk menuju apron. Penerbangan perdana ini disambut oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo bersama Angkasa Pura I, Direktur Operasi Lion Air, Capt. I Putu Wijaya dan karyawan Lion Air Group Yogyakarta.


Untuk penerbangan kembali ke Makassar, Lion Air mengudara pukul 10.05 WIB dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta dengan nomor penerbangan JT-644. Pesawat  tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 12.55 WITA.

Penerbangan tersebut telah menempatkan Lion Air sebagai maskapai pertama dan satu-satunya saat ini yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin dengan Bandar Udara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo.

Untuk melayani rute ini, Lion Air mengoperasikan Boeing 737-800NG dengan kapasitas 189 kursi kelas ekonomi.

Pada semester pertama 2019 ini, Lion Air mencatat kinerja tingkat ketepatan waktu (on time performance/ OTP) mencapai rata-rata 85%.  Data OTP merupakan perhitungan sesuai laporan Interated Operation Control Center (IOCC) menurut ketepatan pesawat saat keberangkatan (departure) dan kedatangan (arrival) dalam waktu kurang dari 15 menit dari jadwal yang ditentukan.



Komentar