BISNIS

Airbus A400M Bangun Jembatan Udara ke Spanyol untuk Pasok Masker dalam Hadapi Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020 17:42
Penulis : Beny Adrian
Airbus A400M Bangun Jembatan Udara ke Spanyol untuk Pasok Masker dalam Hadapi Covid-19

Pemuatan kargo masker di Airbus Getafe di Madrid, Spanyol. Sumber: Airbus

Angkasa.news - Sebuah pesawat angkut Airbus A400M telah diterbangkan untuk melaksanakan jembatan udara antara Toulouse dan Madrid guna mengirimkan pasokan masker yang sangat dibutuhkan Spanyol. 


Virus corona yang melanda hampir seluruh negara di dunia, telah mengakibatkan kelangkaan sejumlah peralatan medis seperti masker. 

Pesawat, yang dinamakan MSN56 dan dioperasikan Airbus, lepas landas pada 23 Maret 2020 dari markas Airbus di Toulouse pada pukul 18.07 waktu setempat. Pesawat kemudian mendarat di Pangkalan Udara Getafe (Madrid) pada pukul 19.05. 

Semua barang bawaan terutama masker untuk tenaga medis, diturunkan dan kemudian diterima pihak Kementerian Pertahanan Spanyol.

Kargo yang dikirim menggunakan A400M ini merupakan bagian dari sekitar 2 juta masker yang diangkut selama akhir pekan dengan pesawat uji Airbus A330-800 dari Tianjin di China ke Eropa.

Jembatan udara seperti ini akan mempercepat pengiriman pasokan masker dan peralataan kesehatan lainnya yang dibutuhkan ke Spanyol untuk mendukung upaya krisis Covid-19. 

Pengiriman ini sebagai bentuk sumbangan Airbus dalam beberapa hari terakhir untuk mengirim ribuan masker ke rumah sakit dan layanan publik di seluruh Eropa. 

Airbus akan terus mendukung dengan penerbangan tambahan sebagai jembatan udara hingga beberapa hari mendatang dan berkoordinasi dengan otoritas nasional.



Komentar